5 Alasan Mengapa Memilih CCTV

5 Alasan Mengapa Memilih CCTV

CCTV atau Closer Circuit Television menjadi benda familiar yang senantiasa berada disudut ruang, baik di tempat usaha, gedung pemerintahan, bahkan di pasang jalan-jalan. Kini CCTV pun sampai ke rumah-rumah sebagai upaya antisipasi terhadap tindak kejahatan. Tidak dipungkiri apabila semakin maju zaman trik pelaku tindak kriminalitas juga semakin canggih. Namun, dengan adanya CCTV kasus-kasus yang terjadi dapat diselesaikan dengan cepat dan dengan bukti yang tidak terbantahkan. Begitulah CCTV, bagai mata yang menyorot tajam dan tidak pernah salah dalam merekam. Pada akhirnya, sekarang jarang ditemui lokasi yang dianggap penting tidak memakai benda ini. Sebenarnya masih banyak alasan lain kenapa harus menggunakan CCTV, apa saja ? Berikut lengkapnya.

1. Mencegah Tindak Kriminalitas

Pelaku kejahatan tidak berani menjalankan aksi apabila menyadari ada perlengkapan kamera CCTV di suatu tempat. Mengingat mereka dapat tertangkap dengan mudah dan menjadi bukti yang kuat untuk mengurung mereka di jeruji besi. Tak heran kalau daerah-tempat usaha dipasang berita yang tertulis ‘Ruangan Ini Dilengkapi CCTV’ sebagai upaya mencegah pelaku kriminalitas masuk ke lokasi.

2. Memantau dengan Gampang

Dengan adanya CCTV seseorang bisa melakukan pemantauan dengan mudah. Tidak mesti keliling untuk menyisir lokasi, cukup duduk manis di dalam ruangan pemantau telah dapat melihat tiap-tiap gerak-gerik yang terjadi di lapangan. Dengan seperti itu, anda pun juga dapat seketika mengetahui jikalau ada orang-orang yang tidak diketahui menjelang tempat yang sudah dipasangi kamera CCTV.

3. Penyelidikan

Metode keamanan kamera CCTV banyak dipakai oleh polisi dan penyidik jika terjadi tindak kejahatan. Ini menolong banyak pihak untuk menyelesaikan kasus. Dengan adanya metode CCTV maka akan lebih gampang untuk mensupport penyeledikan kepada tindak melanggar hukum yang terjadi

4. Peningkatan Daya

Dengan adanya CCTV, tidak cuma pencuri yang takut melaksanakan tindak kriminal. Karyawan malahan akan takut melakukan kesalahan sebab merasa diawasi dengan adanya CCTV. Dengan seperti itu mereka akan berprofesi optimal dan meningkatkan kinerja secara signifikan. Dalam hal ini CCTV dipasang di setiap-tiap-tiap sisi di kantor atau perusahaan untuk meninjau pekerjaan yang dilakukan tiap karyawan

5. Bukti

CCTV menjadi salah satu alat bukti yang dapat dipakai dalam persidangan. Seluruh kegiatan yang terekam CCTV dapat dijadikan bukti untuk aksi kriminal atau tindak kriminalitas. Hal ini juga menurut Pasal 5 dan pasal 44 UU ITE membatasi perihal alat bukti sebagai berikut: Pasal 5 (1) Berita Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik dan/atau hasil cetakannya yakni alat bukti tata tertib yang sah. Jadi CCTV dapat menjadi salah satu pertimbangan Hakim dalam mengambil keputusan.

By | 2018-11-29T12:30:36+00:00 November 29th, 2018|Artikel|Comments Off on 5 Alasan Mengapa Memilih CCTV