Agar Terlihat Transparan, Ujian SIM Di Satpas Surabaya Diawasi CCTV

Agar Terlihat Transparan, Ujian SIM Di Satpas Surabaya Diawasi CCTV

Polrestabes Surabaya baru-baru ini meluncurkansistem digital untuk ujian praktek surat izin mengemudi (SIM) di Satpas Colombo, Surabaya. Alat berbasisdigital tersebut dilengkapi oleh beberapa sensor dan diawasi kamera CCTV untuk memastikanpelaksanaan ujian praktek SIM tetap transparan.

Kapolrestabes Surabaya, Kombes Pol Rudi Setiawan dan Kasatlantas, AKBP Eva Guna Pandia, didapuk untuk meresmikan sistem digital ujian praktek SIM ini, Jumat (24/8/2018) lalu.Kami telah memasang beberapa unit kamera CCTV di sekitar arena ujian prakter berkendara.Semua ini kita buat agar semua dapat mengetahui dan transparan saat ujian praktik kendaraan untuk pemohon SIM berlangsung, kata Pandia.

Baca Juga: Mata Elang Mengawasi Setiap Laga Badminton Asian Games 2018

Sementara itu, Rudi menerangkan ujian praktek SIM berbasis digital ini merupakan aktuasi dari program Polisi Promoter (Profesional, Modern dan Terpercaya).Artinya, polisi modern adsalah polisi yang bisa memanfaatkan teknologi zaman now merupakan era digital paparnya.

Perangkat inimenurut Rudi dikembangkan bersama-sama dengan Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya. Sensor tersebut dipasang di tiap rabertum yang ada di arena ujian praktek SIM. jika rabertum tersentuh oleh kendaraan pemohon yang sedang melakukan ujian praktek berkendara, maka tanda merah akan muncul di layar monitor komputer.

Baca Juga: Kamera CCTV MOBOTIX Mx6 Diintegrasikan Dengan MxBus

Jadi alat sensor itu tersambung ke komputer. Dan jika rabertum tersentuh, skor pemohon akan dikurangi. Selanjutnya jika sensor mengirim pesan 3 kali sentuhan kendaraan, maka pemohon SIM dinyatakan gagal dan tidak lulus ujian SIM,ungkapnya.

By | 2018-08-28T13:52:07+00:00 August 28th, 2018|Artikel|0 Comments