Alasan Kenapa Kamera Termal Wajib Terpasang di Lokasi Konstruksi

Alasan Kenapa Kamera Termal Wajib Terpasang di Lokasi Konstruksi

Pencurian yang sering terjadi di lokasi konstruksi mengakibatkan kerugian perusahaan konstruksi sebesar US$ 1 miliar pertahunnya. Berdasarkan Laporan Pencurian Peralatan 2016 yang diberitakan oleh National Equipment Register (NER) dan National Insurance Crime Bureau (NICB), nilai kerugian yang tercatat lebih tinggi lagi dengan adanya pencurian bahan-bahan, seperti pipa tembaga dan bahan konstruksi lainnya.

NER menyatakan, rata-rata nilai perkiraan dari peralatan yang dicuri adalah US$ 29.258. Kehilangan peralatan tidak hanya mahal, tetapi juga dapat menyebabkan penundaan proyek dan mempengaruhi pengeluaran biaya tidak terduga yang lebih banyak pada perusahaan kontruksi.

Baca Juga: Menghindari Curanmor, Polisi Imbau Pemilik Indekos Pasang CCTV

General Manager and Vice President of Security, FLIR Systems, John Distelzweig, menerangkan menyebutkan, kerugian ini dapat dikurangi secara signifikan, atau dihentikan sama sekali, dengan penggunaan teknologi pengawasan yang tepat seperti kamera termal yang dapat mendeteksi panas.

Lokasi konstruksi sering mengabaikan pemasangan peralatan keamanan dan pengawasan karena ketidak mampuan  menemukan solusi yang tepat, mudah diterapkan, dan mampu bekerja dengan baik di lokasi kerja yang sering kurang pencahayaan di malam hari. Akibatnya, kehilangan peralatan dapat luput dari perhatian selama berhari-hari, dan ketika ditemukan tidak ada rincian bagaimana atau kapan hal itu terjadi,” ucap Jhon.

Kendala lain dalam penerapan sistem keamanan adalah terbatasnya anggaran, sehingga penyebaran solusi memakan waktu dan instalasi tidak dapat dijalankan. Solusi deteksi yang memanfaatkan teknologi seperti sistem pagar perimeter serat optik, sensor pemecah gelombang, atau detektor gerakan outdoor terlalu mahal diterapkan di lokasi konstruksi. Bahkan biayanya lebih besar daripada manfaatnya.

Baca Juga: Kamera Axis Memberikan Perlindungan di Kastil Duke of Brittany

Solusi terbaiknya adalah dengan pendekatan analisis video dan kamera termal yang dipasang secara terpusat dan bisa memantau sekeliling area. Kemampuannya dalam mendeteksi panas, menjadikan kamera termal tidak bergantung pada cahaya dalam menangkap gerakan yang mencurigakan dan dapat mengidentifikasi penyusup sebagai objek di kurang cahaya, seperti malam hari.

“Penggunaan kamera termal dengan analitik terus meningkat karena semakin banyak profesional keamanan mengetahui nilai dan keandalan sistem ini. Dengan kamera termal, orang yang mendekati, objek atau kendaraan dapat dideteksi meski kondisi gelap, kilau cahaya matahari, hujan dan kabut,” tandas John.

By | 2018-08-25T14:07:17+00:00 August 25th, 2018|Artikel|0 Comments