Apple Patenkan Pengenalan Wajah untuk Mengakses Mobil

Apple Patenkan Pengenalan Wajah untuk Mengakses Mobil

Apple Patenkan Pengenalan Wajah untuk Mengakses Mobil – Teknologi keamanan untuk kendaraan makin berkembang seiring kecanggihan. Jika dahulu saat akan mengakses ke dalam mobil harus membutuhkan kunci atau remot, namun sebentar lagi kita bisa membuka pintu mobil menggunakan sistem pengenalan wajah.

Hal tersebut setelah Apple mengumumkan paten kepada khalayak berupa teknologi pengenalan wajah untuk membuka pintu dan menghidupkan mobil. Teknologi ini serupa dengan membuka gawai dengan cara pengenalan wajah melalui kamera depan.

Berdasarkan keterangan Apple, sistem ini menggunakan gawai (iPhone) yang sudah terintegrasi dengan mobil untuk membuka pintu. Sistem di gawai akan melakukan sensor wajah ketika pemilik/penggunanya sudah mendekati mobil, dan kemudian pintu mobil bisa terbuka.

Namun pemilik mobil yang tidak memiliki iPhone masih dapat memanfaatkan teknologi ini karena Apple tidak membatasinya hanya bagi pengguna iPhone. Sistem seperti Face-ID ini bisa dibenamkan di kabin untuk melalukan pengenalan wajah, memberikan perintah dan juga mengenali sopir.

Paten dari Apple tersebut juga bisa diatur untuk mengenali beberapa wajah sekaligus untuk disesuaikan dengan penggunanya. Selain itu, sistem pengenalan wajah ini kemudian bisa mengatur posisi jok, suhu di dalam kabin, jaringan radio, dan berbagai personalisasi di dalam mobil lainnya. Bahkan pengenalan wajah ini bisa digunakan untuk mengunci bagian-bagian tertentu seperti bagasi atau glove box agar tidak sembarangan orang membukanya.

Ide membuka mobil melalui sistem gestur badan ini jelas bukanlah sebuah konsep baru di dunia otomotif. Sebelumnya sudah banyak pabrikan otomotif yang memiliki ide ini berdasarkan aplikasi yang tersambung.

Sebut saja sebagai contoh Ford dengan fitur Sync Ecosystem yang bisa mengendalikan mobil berdasarkan tulisan di headunit, Tesla Model 3 yang membutuhkan gawai yang sudah diatur untuk membuka pintu, atau Hyundai yang sudah memperkenalkan teknologi menghidupkan mesin melalui sidik jari.

Teknologi seperti ini tentu membuat kunci yang digunakan sekarang ini tampak utilizing. Bahkan ada kemungkinan sistem pengenalan wajah ini di masa depan akan menjadi cara untuk mengakses mobil (mulai dari membuka mobil, menghidupkan mesin, hingga mengaktifkan berbagai fitur lainnya). Tidak menutup kemungkinan jika mobil otonom penuh mulai diresmikan, maka teknologi ini mulai diterapkan.

By | 2019-03-06T16:45:54+07:00 March 6th, 2019|Artikel|0 Comments