Cegah Menyontek, Aljazair Pasang Kamera CCTV dan Blokir Internet

Cegah Menyontek, Aljazair Pasang Kamera CCTV dan Blokir Internet

Pemerintah Aljazair mengambil tindakan tegas untuk mencegah perbuatan curang dari para siswa yang sedang melakuakan ujian nasional. Caranya adalah dengan memasang kamera CCTV dan detektor logam di ruangan ujian serta memblokir koneksi internet dan pemakaian media sosial selama ujian berlangsung.

Menteri pendidikan Aljazair, Nouria Benghabrit, mengatakan langkah ini dicapai untuk mencegah terjadinya kebocoran soal dan jawaban ujian. Pasalnya pada 2016 lalu, insiden bocornya soal ujian di dunia maya ini sempat membuat heboh pemerintah setempat.

Baca Juga: Pantau Venue Asian Games, INASGOC Pasang 90 CCTV di Bekasi

peristiwa memalukan itu kemudian membuat pemerintah Aljazair mendapat sorotan dari banyak pihak di seluruh dunia, karena dianggap lalai dan tidak dapat mengantisipasi terjadinya kecurangan massal.

Layanan dan koneksi internet akan dikontrol oleh pemerintah selama satu jam saat ujian berlangsung. pengendalian ini dilakukan sejak hari pertama ujian nasional hingga hari terakhir. Adapun ujian akhir ini dilakukan pada 20 hingga 25 Juni.

Kebijakan ini menargetkan operator jaringan seluler, penyedia layanan internet, serta layanan VPN populer, termasuk TOR dan ZenMate. Sejatinya Pemerintah Aljazair mengakui bahwa mereka malah tidak merasa nyaman dengan kebijakan tersebut. Tapipengendalian ini tetap harus dilakukan untuk meminimalisasi terulangnya kejadian pada dua tahun lalu.

Baca Juga: Surveon Memberikan Pengawas Beresolusi Tinggi pada RS Taipei

Saat ini di Aljazair sendiri ada sebanyak lebih dari 700 ribu siswa yang meniru ujian akhir. salain memutus koneksi internet, pemerintah juga melakukan pengawasan ketat. Kamera pengawas CCTV dan detektor logam dipasang di ruang ujian supaya siswa tidak melakukan kecurangan dengan menggunakan ponsel.

By | 2018-08-23T14:33:50+00:00 August 23rd, 2018|Artikel|0 Comments