Deteksi Wajah Penjahat, Malaysia Gunakan CCTV Berteknologi AI

Deteksi Wajah Penjahat, Malaysia Gunakan CCTV Berteknologi AI

Deteksi Wajah Penjahat, Malaysia Gunakan CCTV Berteknologi AI – Pengintegrasian kamera CCTV dengan teknologi kecerdasan buatan (man-made brainpower/AI) untuk pengawasan kota sudah digunakan pada beberapa negara maju di dunia. Tak ingin ketinggalan, Malaysia joke menerapkan teknologi canggih tersebut pada 767 unit CCTV yang terpasang di Penang.

Dilaporkan media setempat, Bernama, banyak dari kamera tersebut yang dilengkapi teknologi pengenalan wajah yang dikembangkan oleh raksasa IT dunia, IBM. Tujuan penggunaan teknologi pengenalan wajah ini adalah untuk mendeteksi wajah penjahat dan untuk mengurangi kejahatan yang terjadi di jalanan.

Kepala Menteri Penang, Chow Kon Yeow, mengatakan sistem pengawasan canggih tersebut akan dioperasikan dari ruang kontrol CCTV MBPP dan markas kepolisian Penang. “Pemantauan melalui CCTV adalah inisiatif oleh pemerintah negara bagian Penang untuk mengurangi kejahatan, terutama kejahatan jalanan, untuk menjaga keselamatan dan kesejahteraan rakyat,” ujarnya.

Chow menambahkan, “Kami berharap untuk meningkatkan jumlah CCTV yang dipasang dengan teknologi pengenal wajah ini menjadi 3.000 unit secara bertahap, untuk pencegahan kejahatan yang lebih baik, dan untuk memperluasnya ke daerah-daerah di bawah Dewan Kota Seberang Perai (MPSP).”

Sementara Kepala polisi negara bagian, A. Thaiveegan, mengatakan bahwa pihaknya nanti akan dapat mengunggah gambar penjahat atau orang yang dicari. Sistem kemudian akan segera memberi tahu otoritas terkait jika berhasil melacak subjek tersebut.

Pemerintah Penang nampaknya menerapkan hal ini setelah terinspirasi dari apa yang dilakukan China yang telah memasang kamera CCTV dengan pengenalan wajah sejak tahun 2005 lalu. Meskipun pengenalan wajah tidak mencapai 100% dapat diandalkan, tapi pihak berwenang di China telah berhasil mengidentifikasi 2.000 tersangka, menangkap lebih dari 800 orang, dan menyelesaikan 200 kasus sejak pertama kali pemasangannya.

By | 2019-01-11T14:37:26+00:00 January 11th, 2019|Artikel|0 Comments