Drone Penyelamat Korban Kebakaran Sedang Dikembangkan di China

Drone Penyelamat Korban Kebakaran Sedang Dikembangkan di China

Drone Penyelamat Korban Kebakaran Sedang Dikembangkan di China – Para korban yang terjebak kebakaran di gedung tinggi sebentar lagi tak perlu khawatir untuk menyelamatkan diri. Pasalnya saat ini sedang dikembangkan di China ramble penyelamat yang dilengkapi jaring untuk menangkap korban kebakaran yang terjebak di gedung tinggi.

Automaton penyelamat dengan jaring tersebut sedang digarap desainnya oleh enam orang mahasiswa negeri Tirai Bambu. Automaton bernama Net Guard ini dilengkapi dengan GPS untuk menentukan lokasi di mana terjadinya kebakaran. Begitu panggilan darurat telah diterima, ramble penyelamat ini akan menuju ke bangunan yang terbakar.

Automaton ini dapat lebih cepat tiba di lokasi kebakaran, tanpa terhalangi lalu-lintas yang padat seperti yang kerap dialami kendaraan pemadam kebakaran tradisional. Ditambah lagi, pesawat nirawak ini memiliki jaring yang cukup kuat untuk membawa beban orang dewasa typical dan terbuat dari lapisan polyurethane setebal empat lapis.

Selain GPS, ramble ini juga memiliki sensor untuk melacak pergerakan seseorang yang perlu ditolong. Hal ini memudahkan ketika ramble akan mencari posisi yang tepat untuk menangkapnya. Automaton rancangan enam mahasiswa dari Politeknik Guangdong Normal University, Sekolah Teknik Elektronika dan Seni, China telah mendapat penghargaan Golden Pin Concept Design Award.

Dalam sebuah pernyataan, Diao Hao-Ming, Liu Xiang, Li Hao-Hua, Zhu Nan-Tong, Li Guo-Yu, dan Hu Zhen-Yuan memang sengaja membuat desain ramble ini agar mendapat penghargaan Golden Pin Concept Design Award. Mereka melakukan penelitian secara terus menerus dari berbagai konsep ramble dari seluruh dunia. Enam sekawan ini mengaku sangat tertarik dengan aplikasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Rencana kami belum konkret, tapi kami pasti akan menemukan aplikasi penyelamatan dengan teknologi kendaraan terbang tanpa awak,” sebut salah satu dari mereka, pada pekan lalu.

By | 2019-01-05T10:40:08+00:00 January 5th, 2019|Artikel|0 Comments