Intel Kembangkan Kursi Roda Bertenaga AI yang Dikendalikan Gerakan Wajah

Intel Kembangkan Kursi Roda Bertenaga AI yang Dikendalikan Gerakan Wajah

Intel Kembangkan Kursi Roda Bertenaga AI yang Dikendalikan Gerakan Wajah – Peringatan hari penyandang disabilitas internasional yang berlangsung pada 3 Desember lalu, dijadikan Intel sebagai momen untuk memperkenalkan perangkat terbarunya Wheelie 7 yang dipersembahkan untuk penyandang disabilitas.

Wheelie 7 ini merupakan teknologi yang memungkinkan kursi roda bermotor untuk didorong dengan ekspresi wajah. Dalam pengembangannya Intel bekerjasama dengan HOOBOX Robotics agar para penyandang kelumpuhan, penderita amyotrophic lateral sclerosis maupun manula dapat dengan mudah mengemudikan kursi roda bermotornya hanya dengan ekspresi wajah.

Teknologinya hanya membutuhkan waktu tujuh menit untuk menginstal, dan kemudian pengguna dapat memilih dari sepuluh ekspresi wajah yang berbeda seperti tersenyum, mengerutkan alis, atau mengernyitkan hidung untuk mengarahkan kursi rodanya bergerak maju, berputar dan berhenti. Kamera 3D Intel RealSense Depth SR300 dipasang di kursi untuk melacak gerakan halus ini secara real time, kemudian diproses oleh algoritma AI. Untuk memastikan bahwa prosesnya berjalan secepat mungkin, sistem ini didukung oleh prosesor Intel Core dan Intel Distribution dari OpenVINO Toolkit.

Intel berharap teknologi yang dikembangkannya ini dapat membantu orang-orang yang menderita cedera tulang belakang yang sebagian besar organ tubuhnya mengalami kelumpuhan bisa mendapatkan kebebasan baru yang memudahkannya berpergian sesuai yang diinginnya, karena Wheelie 7 dapat dikontrol dengan hanya gerakan wajah.

By | 2018-12-27T15:05:02+00:00 December 27th, 2018|Artikel|0 Comments