Jepang Bereksperimen dengan AI untuk Memerangi Terorisme

Jepang Bereksperimen dengan AI untuk Memerangi Terorisme

Jepang Bereksperimen dengan AI untuk Memerangi Terorisme – Negeri matahari terbit sedang mencari teknologi canggih untuk membantu aparatnya dalam memerangi terorisme. Agensi Kepolisian Nasional Jepang (NPA) telah merencanakan eksperimen yang melibatkan teknologi kecerdasan buatan (AI) di bidang against terorisme dan investigasi kriminal.

Seperti dilansir oleh The Japan News, eksperimen tersebut akan melibatkan karakteristik dari serangan teroris yang pernah terjadi di Eropa untuk melatih AI dalam mendeteksi pelaku teror di kerumunan massa. Selain itu, situasi ini juga memperkenalkan sistem AI untuk menganalisa video CCTV dalam menginvestigasi kriminal.

NPA juga berencana menjalankan eksperimen ini dalam tiga zone yakni mengindentifikasi orang yang mencurigakan dan menargetkan pada acara besar, menentukan jenis kendaraan dan menganalisa transaksi finansial yang mencurigakan.

Sistem AI ini akan ditempatkan pada scene olahraga yang besar, pagelaran maupun konferensi internasional. Teknologi tersebut diharapkan dapat mendeteksi orang-orang yang memiliki perilaku mencurigakan secara otomatis, seperti secara berulang mengunjungi sebuah titik atau diam di tempat dalam waktu yang lama. Tak hanya itu, sistem juga mampu mendeteksi benda yang ditinggal.

Setelah mendeteksi sesuatu, sistem akan mengeluarkan peringatan sehingga polisi dapat memeriksa keadaan di lokasi. Mereka juga dapat menentukan apakah dalam menangani terorisme tersebut nantinya akan menggunakan senjata atau tidak.

“Teknologi AI akan semakin jelas penggunaannya. Kami secara agresif akan mencari cara untuk membuat pekerjaan lebih terdepan dan efisien. Jika metode AI ini berhasil, maka bukan tak mungkin akan digunakan pada ajang Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020,” individualized organization seorang pejabat senior NPA.

By | 2019-01-22T10:34:42+07:00 January 22nd, 2019|Artikel|0 Comments