Kota Surabaya Resmi Melakukan Uji Coba Sistem E-Tilang CCTV

Kota Surabaya Resmi Melakukan Uji Coba Sistem E-Tilang CCTV

kota surabaya resmi melakukan uji coba e-tilang

Dinas Perhubungan (Dishub) Surabaya dan Satlantas Polrestabes Surabaya menggelar operasi lalu lintas sekaligus diberlakukan  uji coba sistem e-tilang CCTV, Kamis (26/7/2018). Penindakan pelanggar lalu lintas dengan teknologi kamera intai ini diberlakukan dengan harus ada surat tilang yang diantar ke rumah.

Kegiatan penindakan kepada para pelanggar lalu lintas ini dilakukan di persimpangan Jalan Kertajaya dan Dharmawangsa, Jalan Mayjen Sungkono, Jalan Margorejo, dan Jalan prof. dr. Moestopo. Selain mencegat pelanggar untuk ditilang di daerah setempat. Seperangkat komputer juga digotong di jalan untuk memperlihatkan bukti pelanggaran. Semuanya dicetak dan ditunjukkan ke pelanggar.

Baca juga:

Hikvision Rilis Kamera Termal Bullet Bi-Spectrum Baru

Kepala Dishub Surabaya Irvan Wayudrajat mengatakan, melakukan tindakan yang dikenakan kepada pengendara mencakup semua jenis pelanggaran. Seperti tidak memakai helm atau sabuk pengamanan, tidak punya SIM dan STNK, serta pelanggaran berkendara lainnya. “Penindakan berlaku pada seluruh kendaraan bermotor. Semua jenis dan tingkat pelanggaran juga akan kami tindak,” tegasnya.

Irvan menjelaskan bahwa dengan kamera CCTV, tidak akan ada pelanggar lalu lintas yang lolos dari pengawasan. Teknisnya, kamera akan dilengkapi metode alarm yang tersambung pada aplikasi tilang. Alarm akan terpicu setiap ada pelanggaran yang tertangkap kamera. Lalu, CCTV akan merekam dan memasukkan ke dalam sistem. Kemudian rekaman akan di cetak sebagai alat bukti.

Baca Juga:

SMA di NTT Pakai CCTV Pantau Kegiatan Belajar di Kelas

“Jadi barang bukti itu kami di pakai sebagai dasar penindakan. Sehingga petugas tidak perlu berdiri berjam-jam. Apalagi berdebat dengan pengendara yang ditindak usai melanggar. Kami akan kirim surat tilangnya ke rumah pengendara. Supaya ada efek jera dan malu terhadap  pengendara. Sehingga tidak ada lagi pengendara yang melakukanpelanggaran\” pungkas Irvan.

By | 2018-08-14T14:55:22+00:00 August 14th, 2018|Artikel|0 Comments