Mewujudkan Smart City Kuningan Butuhkan 40 Kamera CCTV

Mewujudkan Smart City Kuningan Butuhkan 40 Kamera CCTV

mewujudkan smart city kuningan butuhkan 40 kamera cctv

Program smart city atau kota pintar sedang digalakkan oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan. Dinas Komunikasi dan informasi (Diskominfo) Kabupaten Kuningan bahkan terus menjalin kerja sama dengan berbagai pihak, salah satunya adalah dengan PT Jabar Telematika (Jatel) dalam pengadaan jaringan serat optik.

Kepala Diskominfo Kabupaten Kuningan, Drs Teddy Suminar MSi, mengatakan Kerja sama tersebut akan berlangsung selama 10 tahun dansetiap tahunnya akandilakukan evaluasi dan peninjauan ulang pada setiap pekerjaannya, tahap awal akan dibangun sepanjang 50 km yang pembiayaannya dibiayai oleh PT Jatel.

Baca Juga:

Oncam Menambahkan Model Baru Outdoor untuk Evolution 180

Lebih lanjut Teddy menerangkan, kerja sama pembangunan jaringan fiber optik ini sudah dimanfaatkan untuk operasional kamera kamera CCTV. saat ini diketahui Diskominfo Kabupaten Kuningan sudah memasang delapan unit kamera CCTV yang tersebar di berbagai titik, seperti dua unit di taman kota, satu di perempatan Jalan Ahmad Yani, satu unit kamera CCTV dipasang di depan Stadion Mashud Wisnusaputra, dan dua unit di bundaran Cijoho.

“Kamera CCTV yang kami pasang ini berhubungan langsung dengan jaringan serat optik milik Jabar Telematika. Bukan menggunakan kuota, sehingga hasilnya juga jerbih. Kemudian juga akses internetnya juga cepat. Biaya pengoperasioannya tak mahal. Bagi masyarakat yang ingin mengakses kamera CCTV,bisa langsung buka sip.kuningankab.go.id, kemudian klik city view,” tuturnya.

Baca Juga:

Vanderbilt, baru saja meluncurkan SPC Connect 2.6 Untuk Solusi Cloud

Teddy mengatakan, sebenarnya pihaknya masih membutuhkan sekitar 40 unit kamera CCTV untuk dipasang di lokasi-lokasi strategis maupun objek vital. semisal di depan pendopo, Terminal jenis A Kertawangunan, jalan provinsi dan juga Taman Cirendang.

“Kami menghitung setidaknya dibutuhkan 40 unit kamera CCTV lagi untuk dipasang di lokasi strategis. Ini juga untuk mendukung program smart city yang sedang kami garap. Untuk ruang server, kami sudah memilikinya di lantai dua gedung Diskominfo. Jadi, kalau semua telah terhubung dengan CCTV, tinggal memantau dari ruang kendali,” bebernya.

 

By | 2018-08-21T13:27:43+00:00 August 21st, 2018|Artikel|0 Comments