NYPD Gunakan Teknologi China untuk Mengawasi Kota

NYPD Gunakan Teknologi China untuk Mengawasi Kota

NYPD Gunakan Teknologi China untuk Mengawasi Kota – Di tengah memanasnya hubungan China dan Amerika Serikat dalam persaingan di bidang perdagangan dan teknologi, justru Departemen Kepolisian Kota New York (NYPD) menerapkan teknologi pengawasan buatan China berupa kamera dan perangkat lunak pengenalan wajah.

Berdasarkan pemberitaan South China Morning Post, penggunaan teknologi pengenalan wajah buatan China oleh NYPD ini secara luas dan diam-diam. Hal ini dikutipnya dari laporan industri, perusahaan China yang terlibat dan dokumen pemerintah China. Di mana pada laporan tersebut memberikan contoh proyek perumahan bersubsidi di Bronx yang telah menggunakan teknologi sejak 2014 untuk memantau penduduk di territory publik maupun gedung yang langsung dapat diakses jaringannya oleh NYPD.

Diketahui teknologi yang digunakan disediakan oleh Hikvision serupa teknologi Sky Net (berganti nama menjadi Pingan Chengshi atau Kota Aman) yang telah digunakan secara luas untuk pengawasan negara di China. Teknologi yang diterapkan menggunakan teknologi pengenalan wajah pada kamera feed, di mana otoritas China berusaha mengidentifkasi buronan dan melacak orang yang dicari, dan bahkan untuk mengidentifikasi dan memberikan denda pejalan kaki secara otomatis.

Laporan South China Morning Post muncul setelah kontroversi yang menghebohkan tahun lalu mengenai penjualan teknologi pengenalan wajah Amazon kepada otoritas kepolisian di AS, yang pengungkapannya memicu kemarahan dari para pendukung privasi dan hak-hak sipil. Apalagi ini, NYPD menggunakan teknologi yang sama dengan membeli dari perusahaan China yang tentunya dapat memicu kontroversi yang lebih besar lagi dengan pengungkapannya.

By | 2019-01-16T14:15:44+07:00 January 16th, 2019|Artikel|0 Comments