Paten Pengenalan Wajah Amazon Menuai Kritik

Paten Pengenalan Wajah Amazon Menuai Kritik

Paten Pengenalan Wajah Amazon Menuai Kritik – Amazon tengah mengajukan permohonan untuk mematenkan doorbell besutannya yang didukung pengenalan wajah untuk mendeteksi orang yang mencurigakan. Paten ini ditujukan untuk Ring yang merupakan perangkat doorbell yang dilengkapi kamera dan mikrofon.

Ring sebagai merek dari Amazon ini bekerja dengan kamera untuk mengawasi orang yang berada di depan pintu. Dilengkapi perangkat lunak pengenalan wajah, maka orang yang tertangkap kamera bisa diunggah gambar wajahnya untuk dicocokkan dengan database orang “mencurigakan”.

Selain itu, paten yang diajukan juga termasuk untuk memberi akses orang atau tamu yang “berwenang” untuk masuk. Jadi, jika orang yang dimasukkan ke dalam database orang yang berwenang maka akan dikasih akses masuk, namun bila tidak akan masuk data orang mencurigakan.

Pengajuan juga menyebutkan penggunaan teknik biometrik untuk memverifikasi identitas tamu, termasuk teknologi seperti pengenalan aroma, sidik jari dan analisis tekstur kulit.

Di tempat yang terpisah, seorang pengacara di Amerikan Civil Liberties Union (ACLU), Jacob Snow, memprotes paten yang diajukan oleh Amazon. Pasalnya, paten ini dianggap sebagai “pengganggu” dan “mimpi buruk” bagi masa depan dari kebebasan warga negara.

Jacob pun meminta Amazon untuk membatalkan niatannya untuk mematenkan teknologi pengenalan wajah pada perangkat doorbell. “Sudah waktunya bagi Amazon untuk bertanggung jawab dan berhenti mengejar keuntungan dengan mengorbankan keselamatan dan hak-hak sipil,” tandasnya.

By | 2018-12-19T11:13:14+07:00 December 19th, 2018|Artikel|0 Comments