Perancis Mempercepat Peluncuran ID Berbasis Biometrik Wajah

Perancis Mempercepat Peluncuran ID Berbasis Biometrik Wajah Perancis Kementerian Dalam Negeri sedang mempersiapkan untuk meluncurkan aplikasi berbasis biometrik ID nasional untuk memudahkan akses ke layananan online pemerintah. pengenalan wajah akan diandalkan untuk proses pendaftaran dan membuat pusat mode dunia sebagai negara Eropa pertama yang menggunakan teknologi biometrik wajah untuk aman ID.

Aplikasi ini disebut “Alicem”, akronim dari “otentikasi secara online bersertifikat di ponsel”. Sistem ini mirip dengan otentikasi mobile yang populer digunakan di sektor jasa keuangan. Dimana kemudian mendaftar, warga negara Perancis menggunakan ponsel untuk mengambil foto dan video yang selfie paspor untuk mengkonfirmasi identitasnya berdasarkan pengenalan wajah.

Solusi ini telah dijadwalkan akan diluncurkan sebelum Natal, tapi pemerintah Perancis telah mempercepat debutnya pada bulan November. Menurut Presiden Perancis, Emmanuel Macron, percepatan ini akan memberikan lebih produktivitas dan efisiensi bagi negara. Namun, regulator Data Perancis, CNIL, khawatir bahwa program tersebut melanggar aturan yang telah disepakati oleh negara-negara Eropa yang dijamin oleh GDPR Uni Eropa.

Pada saat yang sama, sebuah kelompok privasi Perancis mengajukan keberatan dengan pengadilan mengirimkan gugatan. Mereka yang menantang program ini tidak hanya memperingatkan bahwa hal itu melanggar privasi, tetapi juga menimbulkan risiko keamanan yang besar. Kekhawatiran ini bukan tanpa alasan, pasalnya dengan aplikasi pemerintah keamanan yang tinggi telah berhasil retak oleh hacker hanya dalam waktu sekitar satu jam.

untuk itu, kritikus memperingatkan pemerintah Perancis untuk pertama menjalankan program bug karunia untuk memastikan sistem tidak dapat dikompromikan sehingga data warga tidak dapat digunakan oleh pihak lain. kekhawatiran lain, digunakan untuk melacak pengunjuk rasa.

By | 2019-10-23T09:41:49+07:00 October 23rd, 2019|Artikel|Comments Off on Perancis Mempercepat Peluncuran ID Berbasis Biometrik Wajah