Perangi Kriminal, Kepolisian Washington Akan Manfaatkan CCTV Pribadi

Perangi Kriminal, Kepolisian Washington Akan Manfaatkan CCTV Pribadi

Perangi Kriminal, Kepolisian Washington Akan Manfaatkan CCTV Pribadi – Video atau foto yang diambil dari kamera CCTV telah terbukti membantu para penyelidik kepolisian untuk mengungkap identitas pelaku kriminal. Untuk itu, Departemen Kepolisian Renton, Washington, Amerika Serikat, meminta seluruh warga yang memiliki kamera CCTV untuk mendaftarkannya agar lingkungan mereka bisa terus dipantau dari peristiwa kriminal.

Inisiatif yang dinamakan Camera Registration Program tersebut baru saja diluncurkan Departemen Kepolisan Renton pada pekan lalu. Respon masyarakat play on words ternyata cukup positif, sebanyak 40 pemilik rumah maupun gedung yang memiliki kamera CCTV sudah mendaftarkan diri untuk mengikuti program tersebut.

Kepala Departemen Kepolisan Renton, Sersan Christy Mathews, mengatakan bahwa kemitraan polisi dengan masyarakat ini merupakan ide dari Divisi Program Komunitas. Sebelum dibentuknya program ini, petugas harus mengetuk tiap pintu rumah untuk meminta izin agar penghuni memberi rekaman CCTV. Namun kini mereka sudah tahu harus meminta rekaman CCTV dari rumah tertentu yang withering dekat dengan kejadian kriminal.

Setiap rumah atau gedung yang sudah mendaftar pada Camera Regristration Program, mereka akan muncul sebagai titik biru pada peta advanced yang dimiliki kepolisian Renton. Program ini hanya bersifat suka rela dan polisi tak akan memantau secara constant dari setiap kamera CCTV yang dimiliki penghuni rumah.

“Program ini membuat para penyelidik mengetahui bahwa ada kamera CCTV di lingkungan hunian warga dan pemiliknya mau bekerjasama dengan para petugas. Para petugas hanya perlu melakukan sign in dari mobil patroli dan mengetahui rumah mana saja yang memiliki kamera CCTV di sekitar tempat kejadian perkara,” ujar Mathews.

By | 2018-12-27T09:49:41+07:00 December 27th, 2018|Artikel|0 Comments