Pertandingan Liga Champion Bakal Diawasi Sistem VAR

Pertandingan Liga Champion Bakal Diawasi Sistem VAR

Pertandingan Liga Champion Bakal Diawasi Sistem VAR – Penggunaan video associate ref (VAR) pada Piala Dunia di Rusia tahun lalu, dikabarkan juga akan diterapkan pada pertandingan bola Liga Champion. UEFA rencananya akan memperkenalkan penggunaan VAR di babak 16 besar yang akan berlangsung pada 13 Februari 2019, dibuka dengan laga Manchester United versus PSG dan AS Roma melawan Porto.

Sebelumnya, UEFA telah menyatakan mundur untuk pengguanaan VAR karena presidennya Aleksander Caferin mengatakan sistem ini menyebabkan kebingungan dan membutuhkan lebih banyak waktu untuk diimplementasikan.

Namun, Ketua Komite Wasit UEFA, Roberto Rosetti, memastikan pengadaan sistem VAR di Liga Champion akan tetap dijalankan. Menurutnya, pertandingan ini memerlukan bantuan untuk melihat pelanggaran yang jelas dan serius. “Kami ingin bukti yang jelas, gambar yang jelas dan insiden serius yang terlewatkan. Tujuan utamanya adalah konsisten, untuk memperbaiki kesalahan mencolok,” ujar Rossetti.

Nantinya, akan ada tim VAR yang bertugas di stadion tempat pertandingan berlangsung. Tim VAR ini akan secara konstan mengecek kejadian di lapangan, yang meliputi empat situasi yang dapat mengubah hasil pertandingan, yaitu gol, keputusan penalti, insiden kartu merah langsung, dan kesalahan wasit soal identitas pemain.

“Kami yakin VAR akan memberikan bantuan yang berharga kepada para ofisial pertandingan, memungkinkan mereka untuk mengurangi keputusan yang jelas-jelas salah dan pada akhirnya akan baik untuk klub, pemain, pelatih, penggemar, wasit dan kompetisi,” tutup Rosetti.

By | 2019-02-09T11:11:46+07:00 February 9th, 2019|Artikel|0 Comments