Polisi di Eropa Kini Banyak Yang Memakai Bodycam Saat Bertugas

Polisi di Eropa Kini Banyak Yang Memakai Bodycam Saat Bertugas

Polisi di Eropa Kini Banyak Yang Memakai Bodycam Saat Bertugas – Petugas kepolisian di beberapa negara benua Eropa saat ini semakin mengandalkan kamera tubuh/body cam saat bertugas. Baru-baru ini, Kepolisian Niedersachsen, Jerman; Kepolisian Mechelen di Belgia dan Kepolisian di Republik Ceko telah menandatangani kontrak pengadaan bodycam dari salah satu produsen asal Belanda, Zepcam.

Kamera tubuh yang menghasilkan video saat seorang petugas sedang berpatroli merupakan ‘alat bukti’ yang cukup ampuh saat terjadi suatu tindak kriminal. Selain itu, perangkat ini diklaim dapat memunculkan transparansi setiap personel kepolisian dalam tugasnya di lapangan.

Sebuah survei bahkan menunjukkan bahwa petugas yang dilengkapi bodycam dapat mengurangi serangan atau tindakan agresif dari warga yang tak menyukai kehadiran polisi, hal tersebut sekaligus mengurangi komplain dari warga.

Selain itu, tujuan kepolisian menggunakan kamera tubuh adalah sebagai tindakan perlawanan terhadap kasus penembakan masal dan juga menggali banyak video dari peristiwa tersebut langsung dari ponsel mereka. Tak seperti rekaman video yang diambil warga, rekaman yang dimiliki seorang polisi dapat dijadikan bukti sah dalam pengadilan.

Zepcam sendiri telah menyalurkan bodycam mereka kepada kepolisian di 15 negara. Sebut saja Swiss, Jerman, Hong Kong dan Belanda. Di Eropa saja, Zepcam merupakan pemimpin dalam pasar kamera tubuh dengan klien mencapai 40 negara. Perusahaan ini tak hanya membuat produk, namun juga sistem dan struktur IT di belakangnya agar dapat otomatis merekam dan memproses sebuah rekaman.

Sebagai contoh, Kepolisian Niedersachsen telah memesan 500 bodycam dalam kontrak selama 4 tahun. Zepcam memenangi delicate ini karena produk kamera dan programming mereka telah memenuhi standar yang diminta serta sangat cocok bagi polisi yang kerap bertugas di lapangan.

By | 2019-01-04T09:32:48+07:00 January 4th, 2019|Artikel|0 Comments