Satlantas Solo Memantau Kemacetan Lewat 62 CCTV

Satlantas Solo Memantau Kemacetan Lewat 62 CCTV

Satlantas Polresta Surakarta, Jawa Tengah. Dilengkapi Traffic Management Center dengan 62 unit CCTV. Sebanyak 62 CCTV tersebut terpasang di lokasi rawan macet di Kota Bengawan.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polresta Solo Kompol Imam Syafi’i membeberkan saat ini sudah ada TMC di kantor Satuan Lalu Lintas Polresta Solo. TMC tersebut mulai beroperasi awal November 2017 lalu.

“Kami kini mudah mengawasi lalu lintas di Solo dengan TMC. Satuan Lalu Lintas cukup memantau CCTV di ruang TMC dapat mengontrol arus lalin seandainya terjadi kemacetan,” ujar Imam ketika dijumpai wartawan di ruang kerjanya, Kamis (4/1/2018).

Imam mengatakan Satuan Lalu Lintas dalam memasang kamera CCTV untuk kebutuhan TMC tidak sembarangan. Petugas melakukan analisis di lapangan khususnya dulu sebelum akhirnya menentukan memasang perangkat CCTV tersebut

“Kami juga meminta saran dari masyarakat dan pengguna jalan saat pemasangan kamera CCTV,” kata ia.

Ia menjelaskan 62 unit kamera CCTV tersebut di antaranya dipasang di Jl. dr. Moewardi, Jl. Adisucipto, Jl. Ahmad Yani, Jl. Kolonel Sutarto, Jl. Ir. Sutami, dan Jl. Slamet Riyadi. TMC yang ada sekarang asetnya milik Korlantas Polri dan dioperasikan sepuluh anggota Satuan Lalu Lintas Polresta Solo.

Baca Juga : Pedagang Menginginkan Pasar Wates Agar Dipasangi CCTV

“Kami memanfaatkan TMC untuk memantau arus lalin pada libur panjang Natal dan Tahun Baru kemarin. Alhasil cukup membantu petugas untuk bertindak di lapangan ketika ada jalan macet,” kata ia.

TMC tersebut berjalan selama 24 jam setiap hari. TMC ini dapat terkoneksi dengan Central Control (CC) Room Dinas Perhubungan (Dishub) Solo. Namun, untuk warga saat ini belum bisa mengakses TMC melalui Internet. Berbeda dengan CC Room Dishub yang dapat diakses warga dengan mudah.

“Kami mendapatkan informasi dari Korlantas Mabes Polri akan menambah fasilitas TMC dengan 18 kamera CCTV yang dipasang di wilayah Sukoharjo, Karanganyar, Bayolali, Klaten, Sragen, dan Wonogiri,” kata ia.

Baca Juga : Perkereta Apian di India Akan Diawasi Menggunakan CCTV

Sementara itu, Kapolresta Solo Kombes Pol. Ribut Hari Wibowo mengatakan gedung yang dimanfaatkan untuk TMC berstatus cagar budaya. Korlantas hanya merehab pada bagian depan serta dalam agar terlihat menarik.

“Kami kini punya ruang khusus sendiri untuk memantau arus lalin di Solo. Sebelum ada TMC pantauan lalin memanfaatkan CC Room milik Dishub Solo,” kata ia.

By | 2018-02-19T15:45:17+00:00 February 19th, 2018|Artikel|0 Comments