Stadion Denmark Pasang Kamera Pengenalan Wajah Panasonic untuk Memantau Hooligan

 

Stadion Denmark Pasang Kamera Pengenalan Wajah Panasonic untuk Memantau Hooligan Denmark Superliga klub sepak bola, Brondby IF, menyadari penurunan jumlah penggemar yang hadir di beberapa pertandingan terakhir karena takut hooligan atau perusuh yang membuat masalah di stadion. Dengan jumlah penonton mencapai 14.000 orang per game, tercatat 100 orang daftar hitam untuk membuat masalah. Oleh karena itu, klub mulai mencari cara untuk meningkatkan keamanan pertandingan dan mencegah hooligan untuk masuk stadion.

Terkait hal ini, Panasonic telah mengumumkan bahwa mereka telah ditunjuk untuk menyebarkan kamera keamanan dijalankan oleh FacePRO perangkat lunak pengenalan wajah di stadion. Dengan menggunakan kamera dan pengenalan wajah, pelaku hitam sekarang diidentifikasi secara otomatis dalam kerumunan sebelum mereka mencoba memasuki stadion. Sistem ini mengidentifikasi setiap individu terdaftar pada daftar pelanggar dan menginformasikan staf keamanan untuk mencegah mereka memasuki.

Menurut perusahaan Jepang, pengenalan wajah FacePRO telah diakui oleh Institut Nasional Standar Teknologi (NIST) sebagai memiliki kinerja tertinggi dalam tes yang dilakukan. Bahkan, sistem dapat mengenali wajah dalam foto hingga 10 tahun-tua dan dengan siapa saja yang dicurigai AI dapat dengan cepat diidentifikasi sehingga membuat untuk mengurangi kemacetan di pintu masuk.

Adapun aspek privasi, sistem tidak menyimpan gambar atau data dari orang-orang yang tidak tercantum dalam daftar hitam. Bagi mereka yang masuk dalam daftar hitam, data hanya disimpan di klub server sepak bola internal yang tidak terhubung ke internet. Dengan demikian, data ini harus aman.

Panasonic Security Manager Bisnis Eropa, Gerard Figols, mengatakan sistem pengenalan wajah Panasonic untuk membuat stadion lebih aman dengan mengurangi tekanan di bidang keamanan dan sistem ini memastikan semua data dilindungi dari akses eksternal yang tidak sah. “Pada akhirnya, kita dapat memberikan ketenangan pikiran untuk para penggemar dan Brondby IF bahwa teknologi kami akan meningkatkan standar keselamatan bahkan selama pertandingan besar,” tambahnya.

Tidak jelas berapa banyak klub sepak bola di dunia yang menggunakan pengenalan wajah tetapi jika terbukti berguna dalam mendeteksi hooligan, maka ada kemungkinan besar itu akan menyebar ke stadion lain. Brøndby IF tidak klub pertama di dunia yang menerapkan teknologi ini karena ada laporan bahwa beberapa stadion di Uruguay sekarang memantau penggemar dengan cara ini.

By | 2019-11-01T10:02:01+07:00 November 1st, 2019|Artikel|Comments Off on Stadion Denmark Pasang Kamera Pengenalan Wajah Panasonic untuk Memantau Hooligan