Warga Kab Banyuwangi Minta Pasang Kamera CCTV Untuk Deteksi Banjir Bandang

Warga Kab Banyuwangi Minta Pasang Kamera CCTV Untuk Deteksi Banjir Bandang

Pasca banjir bandang yang terjadi pada Jumat (22/6/2018) lalu, warga Desa Sumberarum, Kecamatan Songgon, Banyuwangi, Jawa Timur,meminta  kepada Pemkab Banyuwangi untuk segera memasang kamera CCTV di kawasan hulu sungai. Kamera CCTV tersebut akan diterapkan sebagai sistem peringatan dini.

Dengan kamera CCTV tersebut,bisa digunakan untuk memantau perkembangan kondisi terkini di kawasan hulu  jika nantinya terjadi banjir susulan. Warga berpendapat seandainya ada kamera CCTV, segala sesuatu di kawasan hulu sungai bisa dan langsung segera dilaporkan ke hilir.

Bac Juga:

CCTV Pintar Ini Bisa Deteksi Gerak Gerik Pencuri

“Kami mengira itu adalah salah satu jalan keluar terbaik untuk mengantisipasi jika nanti ada banjir atau kejadian apa saja di wilayah hulu sungai,” ujar Misnadi, warga setempat.Ia mengatakan semenjak banjir bandang yang terjadi beberapa waktu lalu, masyarakat mengaku was-was  ketika hujan turun. Mereka takut  bila banjir susulan kembali datang.

sebab yang sama juga diungkapkan warga lain, Santoso, ia mengaku saat ada hujan deras mengguyur dirinya  ia selalu was-was. sementara, pengalaman dari banjir bandang kapan hari, air datang secara tiba-tiba. “Apalagi rumah kami berada di bantaran sungai, jika malam hari hujan deras kami tidak bisa tidur,” ungkapnya.

Baca Juga:

Kamera Hikvision ColorVu, Handal Rekam Gambar Berwarna di Kegelapan

Sementara itu Kepala Desa Sumberarum, Ali Nurfatoni mengaku tuntutan warga mengenai pemasangan kamera CCTV tersebut, sesuai dengan saran dari bencana Vulkanologi dan Mitigasi beberapa Geologi (PVMBG). “karena saran dari PVMBG saat berkunjung ke Banyuwangi salah satunya adalah pemasangan kamera  CCTV ini. ” itupun warga menuntut segera ada pengadaan,” kata Toni.

Dalam uraiannya, PVMBG menyebut pemasangan kamera CCTV akan mempermudah pengawasan debit sungai jika sewaktu-waktu di kawasan hulu terjadi banjir, sehingga warga yang berada di hilir dapat  mengantisipasinya.

By | 2018-08-16T11:21:12+00:00 August 16th, 2018|Artikel|0 Comments