Cara Cepat Mengetahui Apakah Kamera Surveillance Diretas atau Tidak

Cara Cepat Mengetahui Apakah Kamera Surveillance Diretas atau Tidak

Makin maraknya kasus peretasan pada kamera surveillance atau kamera CCTV, menjadi catatan tersendiri bagi pengguna kamera CCTV agar dapat mendeteksi sejak dini ketika perangkatnya diserang. Bukan hal yang mudah tentunya, karena setiap produk kamera memiliki kerentanan yang berbeda.

“Gejala awal kamera terserang peretas, biasanya sistem akan berjalan atau merespon dengan lambat. Perubahan yang mencurigakan ke perangkat dapat menunjukkan adanya malware botnet di perangkat tersebut,” ujar Alon Levin, VP of Product Management VDOO Connected Trust.

Baca Juga: DPRD DKI Jakarta Minta Setiap Rusun Dipasangi Kamera CCTV

Untuk memeriksa password perangkat.Jika password tidak lagi berfungsi, besar kemungkinan perangkat telah diambil alih oleh peretas. Indikasi lainnya, pengaturan perangkat telah dimodifikasi atau dirubah. Misalnya, video dikirim ke server yang lain.

Lonjakan lalu lintas jaringan yang berlebihan juga menandakan perangkat diretas. Segera periksa statistik jaringan pada router, bila tidak sedang melakukan streaming video dari kamera berarti lonjakan lalu lintas jaringan besar kemungkinaan berasal dari botnet yang diciptakan peretas agar bisa mengendalikan sistem kamera pengawas.

Baca Juga: Sambut Venue Asian Games 2018 Tangerang Tambah Kamera CCTV

Selain itu, agar perangkat surveillance tidak mudah di retas,Yaitu dengan menonaktifkan nama pengguna dan kata sandi default. Senior Security Strategist Fortinet, Aamir Lakhani, menganjurkan pengguna untuk menggunakan nama dan kata sandi yang rumit. Aktifkan otentikasi 2-faktor jika tersedia, dan batasi manajemen dari jaringan atau workstation manajemen tertentu.

“Langkah lain yang sangat penting adalah selalu memeriksa, dan memastikan, Anda menjalankan sistem operasi dan firmware terbaru di kamera,” tambahnya.

Namun dengan demikian, Levin mengingatkan bahwa perang melawan serangan cyber harus dimulai pada tingkat produsen. Dia menyebutkan, cara terbaik untuk melindungi kamera pengintai adalah dengan menggunakan teknik pertahanan secara mendalam. “Perlindungan perlu dimulai dengan pendekatan security by design, keamanan yang melekat saat merancang, arsitektur dan mengembangkan produk,” kata Levin.

By | 2018-08-29T13:15:10+00:00 August 29th, 2018|Artikel|0 Comments