DKI Jakarta Pasang Internet 5G di Kota Tua Untuk Konektivitas CCTV

DKI Jakarta Pasang Internet 5G di Kota Tua Untuk Konektivitas CCTV

Pengunjung kawasan Kota Tua, Taman Sari, Jakarta Barat akan dimanjakan dengan konektivitas jaringan internet 5G dengan kecepatan 1GB sampai 10GB. Pemprov DKI Jakarta berinisiatif memasang jaringan internet 5G tersebut juga untuk kebutuhan sarana Smart City.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Jakarta Smart City, Setiaji, mengatakan sampai sekarang ini kamera CCTV yang terpasang di sekitar Kota Tua belum terkoneksi oleh Wi-Fi. Ia juga mengatakan, dipilihnya Kota Tua sebagai lokasi pemasangan internet 5G yakni karena lokasi tersebbut bakalan menyedot perhatian wisatawan selama perhelatan Asian Games.

Baca Juga:

Luar Biasa Di Masa Depan CCTV Bisa Kirim Pesan Singkat

“(Kota Tua) memang sebagai representatif wisata di DKI Jakarta, terutama mancanegara untuk bisa memanfaatkan akses 5G tadi. Khususnya di setiap kota lainnya pembangunan kota sangat bagus untuk Asian Games,” ujar Setiaji, kemarin.

Dalam jaringan internet 5G tersebut, pengunjung Kota Tua bisa menikmati akses internet dengan radius satu kilometer dari penempatan di gedung bekas kantor pos. ke depannya, pemasangan jaringan intenet 5G akan diperluas hingga ke 30 titik.

Perluasan ini untuk membantu konektivitas internet untuk pemantauan kamera CCTV dalam konsep Smart City. Dalam memantau aktivitas dan memberikan pelayanan Asian Games, Pemprov DKI Jakarta telah menambah 100 unit kamera CCTV yang disebar di beberapa titik, mulai dari Wisma Atlet, jalur dari Wisma Atlet ke Senayan, hingga saat ini di lingkungan venue atlet. “total dari situ sudah ada 7.000 unit kamera CCTV yang terpasang di Jakarta,” ucapnya.

Baca Juga:

Rencana Pelat Nomor Baru Akan Diikuti Fitur Pemindai Canggih

Menurutnya lagi, jumlah itu sebenarnya sangat jauh lebih kecil jika dibandingkan dengan Singapura yang sekarang ini sudah dipasang 100 ribu unit kamera CCTV. Oleh sebab itu, hingga lima tahun ke depan DKI bakal memasang 60 ribu unit kamera CCTV di Jakarta.

Pemasangan jaringan internet 5G itu diyakini Setiaji akan sangat membantu pemasangan kamera CCTV. terelebih lagi saat ini DKI bakal mengajak sejumlah warga untuk membantu menyambungkan kamera CCTV ke Smart City. “tapi untuk menggaet warga kami perlu peraturan. Makanya peraturan seperti pergub dan perda akan dibuatkan,” tuturnya.

Lebih jauh lagi, melalui konsep Smart City, Pemprov DKI Jakarta juga bisa mengontrol kemacetan saat banjir. Kepadatan dikendalikan dan terekam melalui pantauan arus lalu lintas, termasuk mengontrol lampu lalu lintas.

By | 2018-08-23T10:21:37+00:00 August 23rd, 2018|Artikel|0 Comments