Manado Akan Mengintai Pengendara Dengan CCTV di 90 Titik

Manado Akan Mengintai Pengendara Dengan CCTV di 90 Titik

Pemerintah Kota (Pemkot) Manado mengumumkan penambahan unit CCTV untuk tahun 2018. Pemkot Manado melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), tahun ini akan memasang 40 CCTV yang akan tersebar di 90 titik Kota Manado. Pemkot Manado sendiri sudah menyiapkan dana sebesar Rp 40 miliar yang telah dibenahi  dalam APBD Kota Manado untuk CCTV, server dan jaringan optik.

“Pemasangan CCTV adalah komitmen Wali Kota Manado Vicky Lumentut dan Wakil Wali Kota Mor Bastiaan agar kondisi dan situasi di Manado dipantau melewati CCTV di Command Center, menuju Manado Smart City,” kata Kepala Diskominfo Kota Manado Erwin Kontu SH.

Baca juga : Hitachi Terjuni Pasar Kota Pintar Indonesia Dengan IVAS

Dia menerangkan, pihaknya masih akan berkoordinasi dengan kepolisian lokasi yang rawan dan dianggap perlu CCTV. Pada 2017 sendiri, Pemkot Manado telah memasang 50 CCTV yang berada di pusat bisnis, Boulevard, perempatan jalan, pertigaan jalan, sungai, dan pusat kota.

Dari pantauan di ruang Command Center, untuk satu lokasi sendiri ada dipasangi tiga CCTV. Bahkan plat nomor kendaraan dapat dilihat dari CCTV dengan jelas. Juga warga yang terekam. ”Ke depan Manado juga akan menerapkan elektronik tilang (e-Tilang) seperti di Surabaya. Namun kami siapkan dahulu perangkatnya supaya kepolisian bisa menggunakan ini, jelasnya.

Baca Juga : Hikvision Perlihatkan Solusi Kengamanan Cerdas di IIW 2017

Sementara itu, pihak kepolisian dalam hal ini Polresta Manado menyambut baik program pemerintah tersebut. Kapolresta Manado, Kombes Pol FX Surya Kumara, Ini sangat sempurna untuk kiranya segera terealisasi di Manado. Kami juga nanti akan ambil waktu langsung berkoordinasi dengan Pemkot untuk mungkin bisa menambah masukkan di mana titik penempatan CCTV ini, tuturnya.

By | 2018-02-20T15:35:56+00:00 February 19th, 2018|Artikel|0 Comments