Polisi China Pakai Kacamata Pendeteksi Wajah Untuk Memantau Turis

Polisi China Pakai Kacamata Pendeteksi Wajah Untuk Memantau Turis

Perangkat tersebut berupa kacamata yang digunakan oleh petugas yang dilengkapi dengan teknologi pengenal wajah.

Perusahaan pembuat kacamata pengenal wajah tersebut yang berbasis di Beijing, LLVision Technology Co, menjelaskan bahwa produk ini telah dilengkapi kamera khusus yang dapat mengenali wajah. Polisi bisa memakainya untuk mengidentifikasi wajah para pengunjung toko. Karena untuk kepentingan monitoring, kacamata ini belum bisa dipasarkan bebas.

Baca Juga:  Pemprov DKI Pantau PKL Tanah Abang Dengan CCTV 360 Derajat

LLVision juga menjelaskan, cara yang terpasang pada kacamata tersebut bisa memilih individu dari database 10 ribu orang dalam waktu 100 milidetik (0,003 detik).Tapi CEO LLVision Wu Fei mengatakan akurasi kecepatan tersebut akan menurun ketika digunakan di lapangan. “Karena kebisingan lingkungan,” ujarnya.

Baca Juga: Hilook Ramaikan Pasar CCTV

Berdasarkan laporan situs Engadget, sejauh ini para penegak aturan di China telah menangkap tujuh orang yang terhubung dengan kasus kriminalitas utama dan 26 orang yang tertangkap basah memakai identitas palsu.

Tapi kebijakan pemantauan super ketat ini memperoleh kekhawatiran dari sejumlah pihak. William Nee dari Amnesty International khawatir apabila pemakaian teknologi pengenal wajah akan melanggar privasi karena tidak seluruh masyarakat percaya terhadap polisi yang menggunakannya. “Potensinya ialah Cina akan mempunyai pengawas di mana-mana karena telah memberikan teknologi pengenal wajah pada kepolisian,” ucapnya.

 

By | 2018-02-20T15:40:48+00:00 February 20th, 2018|Artikel|0 Comments